Rabu, 25 Januari 2017

Berlibur ke pulau Kodingareng keke

Rindu kampung halaman setelah setahun menjadi perantau membuat saya dan teman-teman ingin rasanya menikmati liburan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Makassar.

Setelah menimbang beberapa hal. Dari sekian banyak opsi yang ditawarkan akhirnya kami memilih berlibur ke sebuah pulau kecil di Makassar. Namanya Pulau Kodingareng Keke.

Pertimbangan kami memilih tempat ini karena tidak jauh dari pusat kota Makassar yakni hanya berjarak sekira 14 km dari bibir Pantai Losari.

Pulau ini masuk wilayah administrasi kecamatan Ujung Tanah.  Kota Makassar. Provinsi Sulawesi Selatan.
Jika kita naik perahu dari Dermaga Kayu Bangkoa maka waktu tempuhnya sekira sejam. Dermaga ini berada di depan Benteng Panyyua (Fort Rotterdam).

Pulau ini merupakan pulau kecil yang memanjang dari timur laut hingga barat daya. Hamparan pasir di pantai ini berwarna putih halus. Air lautnya biru dan jernih.

Pulau ini masih sepi dari pengunjung. Saat tiba disana, kami hanya bertemu dengan satu rombongan yang berjumlah tujuh orang saja. Jadi pengunjungnya hanya kami dan mereka yang ada di pulau ini hingga sore menjelang.

Di pulau ini ada tempat berteduh berupa gazebo di bawah pohon. Tak ada warung jualan. Jadi mesti bawa persiapan makanan atau cemilan. Membawa tenda dan hammock jika perjalanan kalian ingin jadi lebih keren. Kami membangun sebuah tenda berwarna kuning di bawah terik matahari dan memasang tiga hammock  di antara beberapa ranting pohon.

Sewaktu kami kesana sudah ada sebuah bangunan sedang dikerja oleh pekerja bangunan. Mungkin beberapa bulan ke depan, bangunan sudah bias di fungsikan sebagai tempat berteduh ataupun jualan makanan dan minuman.

Pulang dari pulau kodingareng keke kami menyempatkan mampir ke pulau samalona. Jarak kedua pulau yang kami datangi ini hanya sekira setengah jam naik perahu.

Ini tergantung kesepakatan juga pada awal dengan pengemudi perahunya. Kami mengambil beberapa kali jepretan di lensa kamera kami.

Sungguh pengalaman yang menakjubkan seharian itu. Seperti kata pepatah “Sekali dayung dua pulau terlampaui”.

Sewa perahu Mulai Rp.600 Ribu
Jika kita ingin ke pulau ini, kita bisa menyewa perahu motor dari dermaga depan Benteng Rotterdam. Harga sewanya berkisar 600 ribu hingga Rp 1 juta pergi pulang. Tergantung kapasitas perahu yang diinginkan.
Satu perahu ada yang bias menampung 10 orang da nada 20 orang. Harga sewa tersebut juga sesuai kesepakatan dengan si pengemudi, alias seberapa hebat kita menawar. Saat itu kami berjumlah 6 orang saja patungan membayar biaya sewa perahu yang menampung kapasitas 10 orang. Kami berangkat pukul 9 pagi dan pulang pukul 5 sore. Karena perahunya di-carter , si pengemudi perahu setia menunggu kami hingga pulang.

Pulau Kodingareng Keke :
  • Lokasi : Kelurahan Kodingareng, Kecamatan Ujung tanah, Kota Makassar
  • Termasuk pulau tak berpenghuni
  • Berjarak sekira 14 Km dari bibir pantai Losari
  • Keunggulan : Pasir Putih, airnya jernih, spot yang bagus untuk menyelam, ada gazebo
  • Kekurangan : Taka da warung makan atau tempat belanja, belum ada rumah untuk berteduh/menginap